Siswa MA Pester Al Fauzan Lumajang Sukses Presentasikan Budaya Indonesia di Jepang

pesteralfauzan.com – Jepang. Siswa MA Pesantren Terpadu (Pester) Al Fauzan Lumajang yang menjadi wakil Indonesia pada program pertukaran pelajar ke Jepang, sudah menjalani proses pendidikan sejak November 2020. Dia adalah M. Abdan Hilman Nafi (XI MIPA) yang mendapat beasiswa penuh pada Studi Exchange (Pertukaran Pelajar) dalam program Asia Kakehashi Project yang dijadwalkan selesai pada Maret 2021. Salah satu dari program tersebut adalah mempresentasikan tentang sekolah asal dan ke-Indonesia-an.
Abdan, sudah menjalankan program tersebut pada (08/02/2021) di sekolahnya, Saku Chosei High School, Saku-Nagano. Ia mempresentasikan tentang aktivitasnya selama sekolah di MA Pester Al Fauzan dan juga mengenalkan tentang ke-Indonesia-an.

“kemarin saya presentasi tentang sekolah dan Pondok Pester Al Fauzan ke mereka, mereka kaget bahkan kagum karena aktivitasnya padat sekali, dan yang mereka kagumi juga, seragam sekolahnya ada empat macam”. Terang Abdan kepada tim media Pester Al Fauzan melalui pesan WhatsApp.

Pasca menceritakan tentang sekolah asalnya, ia mempresentasikan tentang Indonesia kepada mereka, mulai dari Bahasa, seni, budaya, keberagaman dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah, saya sangat senang bisa mempresentasikan Indonesia dan sekolah saya kepada teman-teman di Jepang. Mereka sangat kagum dengan Indonesia terutama tentang Bhinneka Tunggal Ika,meski berbeda-beda tapi tetap satu, Indonesia. Mereka juga kagum dengan budaya gotong royong, toleransi beragamanya juga sangat bagus, begitu tanggapan dan kesan dari teman-teman disini”. Tambah Abdan, salah satu santri Pondok Pester Al Fauzan yang juga hafal quran 30 juz tersebut.

Selain mempresentasikan budaya, ia juga mengajarkan Bahasa Indonesia serta tarian Glipang dan diakhiri dengan membagikan buah tangan khas Indonesia kepada teman sekolah dan gurunya. Selain Abdan, salah satu perwakilan Indonesia dari MA Pester Al Fauzan, Azka Amara Metryandani (XII MIPA), juga akan mempresentasikan hal yang sama di sekolahnya, Seishin Girl’s High School di Kota Okayama Jepang yang dijadwalkan pada bulan ini juga.

Berita ini telah dimuat juga di web resmi MA Pester Al Fauzan, klik disini

Bagikan Berita Kami :

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *