Kunjungan Tim Literasi Kemendikbud RI di MTs Pester Al Fauzan Lumajang

Foto bersama Bpk Satria, Bpk Handoko, Ibu Silvana, Ibu Diana
Ibu Habibah, dengan kamad MTs, Tim Pengembang Budaya Baca
dan Personil Tari Saman MTs Pester Al Fauzan.

 

 

 

Membaca yaitu suatu proses yang membangun pemahaman sari bacaan (teks) yang tertulis sebagaimana yang disampaikan oleh Mr.Smith dalam buku Mr.Ginting. Betapa pentingnya membaca telah terungkapkan sekitar 1400 tahun yang lalu ketika Nabi Muhammad saw menerima mu’jizat terbesarnya, menanggapi hal tersebut kemendikbud RI telah mengesahkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 21/2015 yang mengharuskan setiap siswa membaca buku-buku nonpelajaran selama 15 menit sebelum pelajaran. Sebelum peraturan tersebut disahkan, MTs Pester Al Fauzan telah mewajibkan kegiatan “Budaya Baca” pasca bermitra dengan USAID PRIORITAS dan resmi dilaunching pada tanggal 14 Juni 2015 oleh Kankemenag Lumajang dan Kepala Perpustakaan Lumajang  (Baca : Launching Budaya Baca SMART).

 

Sehubungan dengan kedatangan Bapak Satria Dharma selaku Kepala Tim Literasi Kemendikbud RI dan Bapak Handoko selaku Direktur Word Education dan utusan USAID PRIORITAS pusat dan juga didampingi oleh Ibu Silvana dari USAID PRIORITAS Jawa Timur adalah untuk melihat secara langsung pembiasaan kegiatan “Budaya Baca” Di MTs Pester Al Fauzan sebagai perwakilan sekolah di Kabupaten Lumajang yang insayaallah akan dijadikan kabupaten percontohan budaya baca dari 9 kabupaten yang ada di Indonesia. Pada kunjungan 14 Desember 2015 tersebut, disambut oleh DC USAID PRIORITAS Lumajang Ibu Ayu Diana, Bapak Drs. H. Sholihul Kirom, MM selaku Kasi Pendma Kemenag Lumajang, Dra. Hj. Nur Habibah, M.Ag selaku koordinator Pengawas PAI Kemenag Lumajang sekaligus sebagai fasda USAID PRIORITAS Lumajang dan juga segenap stake holders MTs Pester Al Fauzan Lumajang.
dari Kanan: Bpk Handoko (Direktur Word Education),
Bpk Satria Dharma (Kemendikbud RI), Nyai Nur Ifadah
(Kepala MTs Pester Al Fauzan) & Ibu Silvana
(USAID PRIORITAS Jatim)
Sebelum presentasi materi oleh Ibu Direktur Madrasah dan Kepala MTs Pester Al Fauzan Lumajang Ibu Nyai Nur Ifadah, SH.,MA, bapak Satria Dharma & Bpk Handoko mengunjungi, mengamati dan menyaksikan secara langsung pembiasaan Budaya Baca ke kelas-kelas, taman baca dan museum Pendidikan.

 

Sebelum penutupan, para tamu kunjungan disambut dengan Tari Saman yang di peragakan oleh siswi MTs Pester Al Fauzan dan diikuti dengan penulisan kesan kunjungan. Alhamdulillah, beliau berdua memberikan kesan positif terhadap MTs Pester Al Fauzan.

 


Semoga Berkah.
 

 

 

 

Bagikan Berita Kami :

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *